Hotspot Pribadi

HOTSPOT PRIBADI

Sharing internet di Windows 7 mengggunakan virtual WiFi dapat dilakukan dengan mudah, karena Windows 7 hadir berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya. Dengan adanya fasilitas Virtual WiFi kita dapat membagi koneksi internet kita dengan perangkat lain seperti desktop, laptop, ponsel, dan iPod, dll. Jadi, nantinya perangkat lain dapat mengakses jaringan kita seperti di hostspot atau dalam artian kita dapat memiliki hotspot pribadi.
Cara untuk membuat Virtual WiFi dapat kita lakukan dari Command Prompt, dan melakukan berbagai pengaturan koneksi internet dari control panel. Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk membagi akses internet kita menggunakan WLAN (Wireless LAN). Untuk membagi akses internet ini kita tidak perlu menggunakan software tambahan, cukup melakukan pengaturan pada Windows 7 kita.
• Pertama silakan buka Command Prompt dari tombol Start, kemudian ketikkan cmd, selanjutnya akan muncul cmd.exe, lakukan klik kanan pada cmd.exe dan pilih Run as administrator.
• Selanjutnya jendela Command Prompt telah terbuka, silakan ketik perintah seperti ini: netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NetKu key=PasswordKu, selanjutnya akhiri dengan menekan tombol Enter. Untuk NetKu dapat diganti dengan nama jaringan apa saja terserah Anda, dan PasswordKu juga dapat diganti sesuka kita, yang diperlukan untuk mengakses hotspot kita oleh perangkat lain.
• Sekarang kita telah berhasil membuat virtual wi-fi, selanjutnya agar bisa berguna kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya ketikkan perintah berikut pada Command Prompt seperti di atas: netsh wlan start hostednetwork. Sedangkan jika kita ingin menonaktifkannya ketikkan perintah seperti ini: netsh wlan stop hostednetwork atau netsh wlan stop hosted network.
T• Selanjutnya kita perlu melakukan pengaturan agar koneksi tadi dapat dibagi dengan perangkat wireless lainnya. Untuk itu silakan buka Control Panel, dan lakukan pengaturan sharing jaringan dari menu Network and Internet, dilanjutkan dengan memilih Network and Sharing Center, berikutnya pada bagian sebelah kiri silakan pilih Change adapter settings, silakan pilih koneksi WiFi yang telah dibuat tadi. Pada jaringan yang dipilih lakukan klik kanan dan pilih Properties, berikutnya pada jendela Properties silakan pilih tab Sharing. Dan beri tanda centang pada Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection dan akhiri dengan menekan tombol OK.
Cara menghapus atau uninstall Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter adalah sebagai berikut:
• Masuk ke Command Prompt seperti di atas.
• Hentikan terlebih dahulu wifi tersebut dengan cara ketik netsh wlan stop hostednetwork selanjutnya tekan Enter, kemudian hapus atau uninstall dengan cara ketik netsh wlan set hostednetwork mode=disallow kemudian tekan Enter.
Demikianlah proses pembuatan sharing internet menggunakan Windows 7 dengan virtual Wi-Fi, semoga bermanfaat
%d blogger menyukai ini: